Memperingati Earth Day 2016, BEM PM UNUD Gelar Beach Cleanup di Pantai Kelan

Badung – Sabtu, 22 April 2016, para mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Pemerintahan Mahasiswa Universitas Udayana (BEM PM Unud) berkumpul bersama untuk melaksanakan aksi beach cleanup di Pantai Kelan, Jimbaran. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati earth day atau Hari Bumi 2016 yang jatuh tepat di hari yang sama.

Kegiatan dimulai pada pukul 16.00 WITA dengan diawali doa bersama serta briefing. Peserta berjumlah sekitar 50 orang yang terdiri dari anggota BEM, komunitas, serta seluruh perwakilan fakultas di lingkungan Universitas Udayana. Sebelum memulai pembersihan, diadakan sesi pengarahan serta sambutan oleh Sutan Tantowi Dermawan selaku Mentri Sosial dan Lingkungan Hidup (Soslindup) BEM PM Unud, dan Misbahul Khuluq selaku ketua umum rangkaian peringatan earth day 2016. Setelah pengarahan dan pembagian pollybag usai, seluruh peserta diarahkan untuk melakukan pembersihan di titik-titik utama yang telah ditentukan.  


Kegiatan bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan BEM PM Unud dalam memperingati Hari Bumi 2016. Dengan mengusung tema  “Tress for Earth”, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu 22 April 2016 yang diisi dengan kegiatan beach cleanup dan puncaknya pada hari sabtu 23 April 2016 dengan pelaksanaan berbagai macam kegiatan termasuk; lomba mewarnai, edukasi tentang “beli yang baik” oleh Earth Hour denpasar, edukasi tentang hidroponik dari Hidroponik Bali, games,  penampilan band akustik, serta pembagian bibit tanaman gratis yang sangat mencerminkan tema yang diusung. Puncak peringatan earth day 2016 ini akan dilaksanakan di area Lapangan Puputan Badung.

Kegiatan pembersihan usai pada pukul 18.00 WITA. Setelah berhasil mengumpulkan sampah sebanyak belasan pollybag, mereka tidak serta merta meninggalkan lokasi kegiatan. Seluruh peserta beach cleanup ini berkumpul bersama untuk melakukan sesi sharing dan diskusi. Dipimpin oleh I Wayan Artadana selaku wakil presiden BEM PM Unud, sharing berjalan dengan cukup menarik, peserta terlihat aktif untuk memberikan pendapat dan juga kritis dalam mengajukan pertanyaan. Sebagai penutup seluruh panitia dan peserta juga melakukan aksi handstamp sebagai wujud kepedulian mereka terhadap sampah.

Menurut Sutan Tantowi Dermawan, pemilihan Pantai Kelan sebagai lokasi kegiatan beach cleanup 2016 ini karena kurangnya perhatian masyarakat serta pemerintah untuk menangani masalah sampah di Pantai Kelan. “Walaupun sebagian besar sampah yang ada di pantai ini merupakan sampah kiriman, namun kebanyakan nelayan dan masyarakat sekitar nampak tidak peduli dengan keadaan tersebut” ungkapnya. “Aksi ini juga bertujuan untuk menyadarkan masyarakat sekitar agar lebih respect dan peduli terhadap lingkungannya. Selain itu, kegiatan ini kami tujukan untuk mempromosikan Indonesia Bebas Sampah 2020” imbuhnya.


Sutan  menyatakan bahwa kendala yang terberat dalam pelaksanaan beach cleanup kali ini adalah masalah perizinan mengingat lokasi Pantai Kelan yang sangat dekat dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan target peserta yang lumayan banyak. Tidak lupa ia   mengucapkan terimakasih kepada anggota BEM PM UNUD, seluruh peserta, pihak DPM UNUD, LPD Kelan, dan pihak lainnya yang telah membantu kelancaran acara. (suparta&narabhumi)

Sumber : https://www.unud.ac.id/in/berita1008Memperingati%20Earth%20Day%202016,%20BEM%20PM%20UNUD%20Gelar%20Beach%20Cleanup%20di%20Pantai%20Kelan.html

Attchment File -
Share This Post: