Mahasiswa FTP Gelar Perkuliahan Lapangan Susuri Subak

Perkuliahan tidak hanya dapat dilakukan di ruang kelas, namun juga dapat dilakukan langsung di kehidupan nyata. Praktik lapangan ini lah yang dilakukan mahasiswa semester 3 program studi agribisnis dan arsitektur lansekap dengan mata kuliah sistem subak di Subak Lod Tunduh yang berada pada desa Singakerta, kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar pada Sabtu (7/11). Dalam praktikum kali ini, mahasiswa didampingi oleh pekaseh subak dan beberapa dosen. Beberapa dosen yang ikut mendampingi adalah Dr. Ir. I Ketut Suamba, MP. , Ir. Wayan Sudarta, MS. , dan Dr. Ir. I Wayan Windia, SU.


Sebelum turun lapangan, mahasiswa berkumpul di pura labaan untuk mendengarkanbeberapa intruksi dari Dr. Ir. I Wayan Windia SU sebelum berangkat menyusuri sepanjang aliran air subak. Dalam praktikum subak ini, para mahasiswa sangat antusias dan ikut berperan aktif untuk bisa memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam dengan praktikum subak di lapangan. Perjalanan di mulai dari pura labaan, sebagai pura pusat dari subak gede atau kumpulan dari beberapa subak. Mereka berjalan menyusuri aliran subak dari bendungan sampai ke sawah.


“Perjalanan menyusuri aliran air subak cukup melelahkan, tapi menyenangkan dan asik karena banyak rintangan. Di sana saya mendapatkan banyak pengetahuan tentang subak. Acara praktikum seperti ini sangat bagus karena bisa menjadikan mahasiswa yang berasal dari luar bali bisa mengerti tentang subak. Saya sebagai orang asli bali sangat bangga dengan adanya subak, karena subak mampu mengairi sawah secara adil dan spesifikasi pembagian airnya jelas sesuai dengan kesepakatan anggota subak”, ungkap salah seorang mahasiswa, Ni Wayan Vivi Ovita. 

“Dalam praktikum ini, saya menjadi mengerti bagaimana pendistribusian air irigasi dalam subak. Saya sendiri selaku mahasiswa dari jawa, berharap ilmu yang saya dapatkan disini bisa kubawa pulang untuk diimplementasikan dalam masyarakat”, ungkap mahasiswa lainnya Asyhari Yudhi Saputra. (fai)

Sumber : Mahasiswa FTP Gelar Perkuliahan Lapangan Susuri Subak

Attchment File -
Share This Post: