Kuliah lapang dan pengabdian kepada masyarakat mahasiswa S2 Ilmu Biologi di Desa Jungutan, Karangasem, Bali

Pada hari Selasa, 10 Mei 2016, mahasiswa S2 Biologi, Program Pascasarjana Unud, didampingi Ketua Program Studi Dr. Ida Ayu Astarini, berpartisipasi dalam kegiatan penanaman perdana buah naga, lada, kelengkeng dan jeruk unggul di Desa Jungutan, Bebandem, Karangasem, Bali.  Kegiatan yang diprakarsai oleh Yayasan Saraswati Kumudasari ini merupakan langkah awal usaha diversifikasi tanaman serta pemanfaatan lahan tidur dan lahan kritis yang banyak terdapat di Kabupaten Karangasem, melalui penanaman tanaman buah dan rempah yang tahan kering namun bernilai ekonomi tinggi.

Kegiatan penanaman diawali dengan kuliah lapang yang disampaikan oleh motivator Gerakan Mari Bertani, Bapak Wayan Supadno dengan topik pertanian organik, potensi lahan di Bali dan peluang bisnis tanaman buah serta rempah.  Bapak Wayan tak henti-hentinya mendorong peserta diskusi agar memanfaatkan lahan untuk pertanian intensif.  Selanjutnya Bapak Wayan terjun langsung memberi contoh teknik penanaman lengkeng unggul ‘Kristal’ dan lada, kemudian diikuti oleh peserta yang hadir.

Kegiatan ini dirasakan sangat bermanfaat oleh mahasiswa S2 Biologi, karena mendapat  ilmu dan tips – tips praktis langsung dari praktisi pertanian yang sangat sukses, Bapak Wayan Supadno. Mahasiswa juga melaksanakan praktek langsung penanaman dan membantu masyarakat Desa Jungutan mengembangkan pertanian buah dan rempah.  Lokasi penanaman selanjutnya dapat digunakan sebagai lab lapang dan mahasiswa dipersilahkan melakukan penelitian terkait pembudidayaan lada, buah naga, lengkeng dan jeruk unggul.


Sumber: http://biology.pps.unud.ac.id/kuliah-lapang-dan-pengabdian-kepada-masyarakat-mahasiswa-s2-ilmu-biologi-di-desa-jungutan-karangasem-bali.html

Attchment File -
Share This Post: