Gerakan Peduli Lingkungan dan Evaluasi Penerima Bidikmisi UKM Forum Generasi Bidikmisi Udayana

Badung – Jumat, 18 Maret 2016 UKM Forum Generasi Bidikmisi Udayana melaksanakan kegiatan gerakan peduli lingkungan dan evaluasi penerima bidikmisi. Kegiatan evaluasi penerima bidikmisi ini dilaksanakan di Auditorium Widya Sabha Universitas Udayana Bukit Jimbaran pada pukul 09.00 WITA. Evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran penerima bidik misi tentang hak dan kewajiban. Dalam kesempatan ini juga ada penyerahan penghargaan kepada mahasiswa bidikmisi yang berprestasi. Data mahasiswa berprestasi tersebut didapatkan dari hasil rekapan setiap fakultas yang dikirim langsung ke bagian kemahasiswaan Universitas Udayana. Sebelum evaluasi penerima bidikmisi dilaksanakan penaburan tanah subur, pemungutan sampah, dan pembersihan di area hutan kota BNI 46 Udayana. Gerakan peduli lingkungan dimulai pada pukul 08.00 WITA, setelah itu langsung dilanjutkan dengan  evaluasi penerima bidikmisi.

Latar belakang diadakannya kegiatan evaluasi penerima bidikmisi adalah karena selama ini beberapa penerima bidikmisi ada yang melanggar dalam pemenuhan kewajibannya sebagai penerima. Contohnya seperti terlambat mengumpulkan LPJ atau kurang aktif di organisasi. Jadi melalui kegiatan ini diharapkan semua penerima bidikmisi bisa lebih tahu mengenai hak dan kewajibannya. Selain itu juga ada pemberitahuan tentang kebijakan baru dalam pencairan dana bidikmisi yang semula 6 bulan sekali menjadi 3 bulan sekali. Kegiatan evaluasi ini dilaksanakan dengan pemaparan dua sesi yakni sesi pertama dari kemahasiswaan terkait dengan teknis penyelenggaraan dan sesi kedua diisi oleh UKM GBU terkait dengan prestasi mahasiswa bidikmisi serta penjelasan sekilas mengenai kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan secara berkala, bertingkat dan berjenjang.


Kegiatan peduli lingkungan dihadiri oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan kabupaten Badung, tiga orang dari koramil dan 50 siswa SMP SMA Yayasan Widiatmika. Selain itu ada 1200 mahasiswa bidikmisi yang ikut dalam kegiatan peduli lingkungan. “Aksi ini dilakukan untuk menyadarkan civitas akademika udayana dan masyarakat sekitar agar mau menjaga lingkungan. Supaya sadar bahwa sampah adalah masalah utama yang harus di cegah dan diberantas dengan terlebih dulu menyadarkan diri akan bahaya sampah bagi lingkungan”, ujar kepala biro administrasi kemahasiswaan Drs. IGN Indra Kecapa M,Ed. Jumlah panitia dalam kegiatan “Gerakan Peduli Lingkungan dan Evaluasi Penerima Bidikmisi” ini adalah 15 orang dari angkatan 2015, 2014, dan 2013. Dalam mempersiapkan acara ini panitia membutuhkan waktu 3 minggu. Kendala yang dihadapi dalam kepanitiaaan ini adalah sulit berkomunikasi karena beda angkatan. Selain itu banyak sesi acara yang berubah menjadi kondisional. Meskipun banyak kendala yang dihadapi kegiatan ini dapat berlangsug dengan lancar.

“Acara yang sangat bagus guna memberikan informasi mengenai bidikmisi kedepannya. Semoga beasiswa bidikmisi semakin ditingkatkan agar mahasiswa kurang mampu dan berprestasi dapat tetap menuntut ilmu”, ungkap Anak Agung Oka Wijaya yang merupakan mahasiswa bidikmisi angkatan 2014 dari fakultas kedokteran hewan. 

“Kegiatan ini merupakan program kerja terakhir dari periode kepengurusan saya. Sehingga dari kegiatan ini saya berharap untuk para penerima bidikmisi bisa kompak dan bersatu dalam keluarga. Kita disini memiliki visi yang sama yaitu untuk memutuskan rantai kemiskinan melalui SDM yang berkualitas bukannya untuk memecah belah negara ini. Saya berpesan kepada pengurus UKM FGBU periode selanjutnya bahwa komunikasi merupakan hal yang sangat indah sekaligus musuh terbesar dalam hidup. Jadi komunikasi itu bisa dijadikan indah atau musuh tergantung bagaimana cara kita mengelolanya”, ungkap Eirenne Pridari Sinsya Dewi selaku ketua umum UKM Forum Generasi Bidikmisi Udayana periode 2015-2016. (fai)

Sumber : Gerakan Peduli Lingkungan dan Evaluasi Penerima Bidikmisi UKM Forum Generasi Bidikmisi Udayana

Attchment File -
Share This Post: